Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar 
diklasifikasikan menjadi 2 macam :
1.       Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
2.     Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli 
Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
       Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
                - Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
                - Produk yang dijual perusahaan adalah  sejenis (homogen)
              - Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
                - Para pembeli dan penjual memiliki informasi  yang sempurna
Koperasi dalam Pasar Monopolistik Ciri-cirinya :
§       Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
§       Produk yang dihasilkan tidak homogen
§       Ada produk substitusinya
§       Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
§       Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
Koperasi dalam Monopoli
 Monopoli  adala kedaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau  menjadi pembeli tunggal atas barang dan atau jasa dalam suatu pasar.
Komoditas.  Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah perkebunan dan  industri hewan potong (ayam) sehingga posisi tawar menawar dalam harga  bagi petani adalah nonsen. Salah satu monopsoni juga adalah penjualan  perangkat kereta Api di Indonesia yaitu (KAI)
Koperasi dalam Pasar Oligopoli
1 Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
2 Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
Sumber: http://ocw.gunadarma.ac.id google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar