Definisi manajemen koperasi yang  sering   dipakai adalah suatu cara mencapai tujuan koperasi dengan  bekerjasama   sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi, definisi ini tidak  akan anda   temukan dalam jurnal manajemen koperasi manapun karena saya  memang ini   adalah hasil pemikiran saya yang saya rumuskan sendiri (“,)
Dengan demikian Manajemen Koperasi dapat  diartikan sebagai suatu   proses untuk mencapai tujuan melalui usaha  bersama berdasarkan azas   kekeluargaan.Untuk mencapai tujuan Koperasi,  perlu diperhatikan adanya   sistim Manajemen yang baik, agar tujuannya  berhasil, yaitu dengan   diterapkannya fungsi-fungsi Manajemen.
Fungsi-fungsi Manajemen menurut G Terry:
a. Planning (Perencanaan)
b. Organizing (Pengorganisasian)
c. Actuating (Penggerakan untuk bekerja)
d. Controlling (Pengawasan/Pengendalian) 
- Pengertian Manajemen dan Perangkat Organisasi
- Pengertian Manajemen
 
 
Definisi Manajemen menurut Stoner adalah   suatu proses perencanaan,  pengorganisasian, pengarahan, dan   pengawasan usaha-usaha para anggota  organisasi dan penggunaan  sumberdaya- sumberdaya organisasi lainnya agar  mencapai tujuan  organisasi yang telah  ditetapkan.
- Pengertian Koperasi
 
Definisi Paul Hubert Casselman dalam bukunya berjudul “  The Cooperative Movement and some of its Problems” yang mengatakan  bahwa : “Cooperation is an economic system with social content”.
Artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi dengan melandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.
- Pengertian Manajemen Koperasi
 
 Menurut Prof. Ewell Paul Roy, Ph.D mengatakan bahwa manajemen koperasi  melibatkan 4 unsur (perangkat) yaitu:
- Anggota
 - Pengurus
 - Manajer
 - Karyawan merupakan penghubung antara manajemen dan anggota pelanggan
 
Sedangkan menurut UU No. 25/1992 yang  termasuk Perangkat Organisasi Koperasi  adalah:     
- Rapat anggota
 - Pengurus
 - Pengawas
 
- Rapat Anggota
 
- Koperasi merupakan kumpulan orang atau badan hukum koperasi.
 - Koperasi dimiliki oleh anggota, dijalankan oleh anggota dan bekerja untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat.
 - Rapat anggota adalah tempat di mana suara-suara anggota berkumpul dan hanya diadakan pada waktu-waktu tertentu.
 - Setiap anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Seorang anggota berhak menghadiri rapat anggota dan memberikan suara dalam rapat anggota serta mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus baaik di luar maupun di dalam rapat anggota. Anggota juga harus ikut serta mengadakan pengawasan atas jalannya organisasi dan usaha koperasi.
 
- Pengurus
 
- Pengurus koperasi adalah orang-orang yang bekerja di garis depan, mereka adalah otak dari gerakan koperasi dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu koperasi.
 - Tugas dan kewajiban pengurus koperasi adalah memimpin organisasi dan usaha koperasi serta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai dengan keputusan- keputusan rapat anggota.
 
- Pengawas
 
- Tugas pengawas adalah melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi, termasuk organisasi, usaha-usaha dan pelaksanaan kebijaksanaan pengurus, serta membuat laporan tertulis tentang pemeriksaan
 - Pengawas bertindak sebagai orang-orang kepercayaan anggota dalam menjaga harta kekayaan anggota dalam koperasi.
 - Syarat-syarat menjadi pengawas yaitu:
 
* Mempunyai kemampuan berusaha
* Mempunyai sifat sebagai pemimpin, yang  disegani anggota koperasi dan masyarakat sekelilingnya. Dihargai pendapatnya, diperhatikan saran-sarannya dan iindahkan nasihat-nasihatnya.
* Seorang anggota pengawas harus berani mengemukakan pendapatnya.
* Rajin bekerja, semangat dan lincah.
* pengurus sulit diharapkan untuk bekerja full time
* Pengurus mempunyai tugas penting yaitu memimpin organisasi sebagai keseluruhan.
* Tugas manajer tidak dapat dilaksanakan sebagai tugas sambilan tapi harus dilaksanakan dengan penuh ketekunan.
- Manajer
 
 Peranan manajer adalah membuat rencana   ke depan sesuai dengan ruang lingkup dan  wewenangnya; mengelola  sumberdaya  secara efisien, memberikan perintah,  bertindak sebagai  pemimpin dan mampu  melaksanakan kerjasama dengan orang lain  untuk  mencapai tujuan organisasi (to get things done by working with and through people).
- Pendekatan Sistem pada Koperasi
 
Menurut Draheim  koperasi mempunyai  sifat ganda yaitu:
- organisasi dari orang-orang dengan unsur eksternal ekonomi dan sifat-sifat sosial (pendekatan sosiologi ).
 - perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar (pendekatan neo klasik).
 
Sumber :  ahim.staff.gunadarma.ac.id/
                     yudilla.staff.gunadarma.ac.id
http://rinton.wordpress.com/2010/11/13/pengertian-manajemen-dan-perangkat-koperasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar