RANGKUMAN BAB IX EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA
EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA
 1. EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI
 Salah satu hubungan penting koperasi adalah dengan para anggotanya, yang sekaligus sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi.
Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, untuk tidaknya tergantung pelayanan koperasi.
>> Setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi
 Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, untuk tidaknya tergantung pelayanan koperasi.
>> Setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi
1. Jika kegiatan tersebut sesuai kebutuhannya
2. Jika pelayanan ditawarkan dengan harga, mutu dan syarat-syarat lebih menguntungkan disbanding dari pihak-pihak luar perusahaan
 2. Jika pelayanan ditawarkan dengan harga, mutu dan syarat-syarat lebih menguntungkan disbanding dari pihak-pihak luar perusahaan
2. EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA
 Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi, sedangkan  tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh besarnya nilai manfaat  pelayanan koperasi secara utilitarian dan normative. Motivasi  utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis,maksudnya insentif  berupa pelayanan barang-jasa yang dilakukan koperasi secara efisien,  atau adanya pengurangan biaya atau diperolehya harga menguntungkan serta  penerimaan bagian SHU secara tunai maupun bentuk barang. Bila dilihat  dari peranan anggota, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus  dibedakan antara harga unruk anggota dan harga non anggota, perbedaan  ini megharuskan daya analisis yang lebih tajam dlam melihat koperasi  dalam pasar yang bersaing.
 3. ANALISIS HUB. EFEK EKONOMIS DENGAN KEBERHASILAN KOPERASI
 Koperasi merupakan badan usaha ekonomi yang bertujuan untuk  menigkatkan kesejahteraan hidup para anggotanya. Ditinjau dari konsep  koperasi, fungsi laba tergantung pada besarnya partisipasi ataupun  transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota  semakin tinggi manfaat yang terima oleh anggotanya.
Keberhasilan koperasi ditentukan salah satu faktornya adalah partisipasi anggota, partisipasi anggota sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang diperoleh oleh anggota koperasi.
 Keberhasilan koperasi ditentukan salah satu faktornya adalah partisipasi anggota, partisipasi anggota sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang diperoleh oleh anggota koperasi.
4. PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACA PELAYANAN
 Bila suatu koperasi bisa lebih memenuhi pelayan yang sesui dengan  kebutuhan anggotanya dibandingkan dengan pesaingnya, maka partisipasi  anggota terhadap koperasi akan meningkat. Untuk lebih meningkatnkan  pelayanannya kepada anggota koperasi membutuhkan informasi yang dating  dari anggotanya sendiri.
Ada 2 faktor koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasinya :
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan
 Ada 2 faktor koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasinya :
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan
SUMBER   :  POS KOTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar